Monday 3 November 2014

My Job, My Experience~


Udah lama banget gak ngeblog nih gue. Pertama sibuk, kedua males hahaa
Postingan ini diketik di perpustakaan :D

Gue mau menceritakan tentang pengalaman gue selama bekerja menjadi staff keuangan. Semua yang kita lakukan pasti ada suka dukanya. Kisahnya berawal setelah gue lulus sekolah, ada satu SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) -sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam- Instansi tersebut sedang membutuhkan orang untuk jadi Tata Usaha.
Akhirnya, berbekal informasi dari tetangga yang jadi guru disana gue nyoba untuk ngelamar kerja disana. Waktu masih sekolah, gue emang berniat untuk kerja sambil kuliah jadi gue nyoba cari-cari kerja dulu. Dan rezekinya dapet disekolah tersebut, gue diterima jadi tata usaha ditempatkan dibagian keuangan.


Hari pertama kerja sempet takut-takut, yaa namanya juga anak baru. Leader gue namanya bu Mimi beliau menjelaskan job desk gue, setelah itu beliau mengajarkan gue banyak hal. Baru hari pertama gue udah stress -____- gimana ngga, semua pembayaran yang gue terima di input pake sistem yang menurut gue ribetnya setengah mati bikin gak napsu makan. Salah dikit aja, transaksi pembayaran gak bisa di cancel. Kalo gak bisa di cancel otomatis nanti waktu setoran pasti posisi uangnya defisit atau kurang. Udah pasti kan jadi takut disalahin atau diomelin atau malah disuruh ganti uang yang hilang.
Tapi untungnya, disini gak kayak gitu. Ketika uang defisit, kita sebagai orang yang menerima transaksi gak harus mengganti uang yang hilang. Ada juga yang namanya posisi uang surplus atau uangnya lebih ketika staff keuangan akan setoran. Kalo uang lebih sih gak takut-takut amat deh, paling cuma disuruh ngitung lagi atau nyari kenapa bisa lebih, ada yang belum ke catat atau gak pengeluarannya.

Ada 2 kemungkinan uang kurang atau lebih, bisa jadi karena kesalahan saat mengembalikan uang atau waktu menerima uang salah hitung jadi uang yang diterima bisa kurang bisa lebih. Meskipun begitu, orang-orang keuangan dituntut harus pas uangnya ketika setoran makanya semuanya diharuskan hati-hati supaya uang gak lebih dan gak kurang.

Gue punya partner di keuangan, namanya Laras. Duuhh pokoknya suka-duka sama dia hahahaha
Dukanya tuh kaya apa yang gue bilang tadi di atas, kalo uang kurang ketika lagi dihitung kita berdua biasanya jadi main pandang-pandangan karena mulut tak lagi bisa berbicara *aassikk* main lia-liatan sambil mikir kenapa bisa kurang u,u

Pernah sekali kejadian, ketika lagi ngitung uang buat setoran uangnya kurang 1 juta! Itu kan bukan nominal yang kecil, gak bisa di anggap enteng. Gue sama laras ngitung teruuuusss sampe sore, udah takut juga soalnya defisitnya gede banget. Takut di panggil direktur hahaa
Kita berdua juga gak ngerti kenapa bisa begitu, ataukah waktu ngeluarin uang untuk keperluan sekolah ada yang gak tercatat? Atau ada yang salah input. Udah bingung juga, akhirnya kita berdua nyerah dan laporin semuanya ke bu Mimi. Untungnya bu Mimi gak marah, beliau cuma nyuruh gue sama Laras untuk ngelacak lagi keesokannya. Tapi ketika ketemua direktur beliau sempet nanya "kenapa uangnya bisa kurang segitu banyaknya neng?"
Gue bingung jawabnya huuuffttt u,u

Selanjutnya fase sukanya itu pertama, kalo uang setoran pas gak kurang gak lebih. Ngitungnya jadi cepet selesai gak pake pulang larut sore. Bahagianyaaaa~
Yang kedua, kalo uang setoran lebih. Jangan mikir aneh-aneh dulu, jangan berpikir kalo uang lebih bisa di bawa pulang buat gue atau laras. Gak bisa. Mau uang kurang kurang atau lebih semuanya harus di laporkan. Senengnya kalo uang lebih itu gak usah cape-cape banget ngelacak. Tinggal di akuin aja di buku kalau uangnya lebih. Selesai.

Sekarang gue udah pindah bagian, gak bareng lagi sama Laras tapi masih tetep sebagai staff keuangan. Job gue bertambah, gue diberikan kepercayaan untuk jadi bendahara Koperasi di sekolah tersebut dan gue juga dipercaya untuk membuat laporan keuangan Yayasan dan koperasi. Kalo kata direktur gue, "Tiara itu akunting saya. Si ahli pembuat laporan keuangan." sambil ketawa-ketawa beliaunya :D
Gue yang tadinya sama sekali gak suka hitung-hitungan jadi seneng gara-gara ngurusin uang mulu. Direktur gue bilang "Nanti dikau kuliah harus ambil akuntansi neng, dikau kan udah biasa ngurusin uang kayak gini nah nanti kuliah gak jauh juga dari laporan-laporan kayak gini. Nanti dikau paling pinter deh. Saya dukung!"
Coba kalau beliau mau dukung uangnya juga yaa wkwk enak bangeeeett :p

Tempat gue kerja itu gak hanya SD aja, TK dan SMK juga ada, saat ini gue juga ditempatkan sebagai Admin-nya TK. Alhamdulillah gajinya jadi lumayan karena jabatannya macem-macem dan Alhamdulillah juga kerjaannya bikin "lumanyun".

Kalo kerjaan lagi banyak bikin stress terus rambut jadi rontok, jadi numbuh tanduk di kepala. Senggol sedikit langsung emosi, kadang bete, kadang jenuh juga. Tapi gue sabar-sabarin aja dan tetep bersyukur sama apa yang gue punya sekarang.
Kalo kata leader gue, "Tiara laku dimana-mana" hahaha :D

Itu tuh suka dukanya jadi staff keuangan. Ada yang mau kayak gue? :D
Sekian yaa ^^

1 comment: